My baby journey

My biggest nightmare, my greatest fear

Maju mundur cantik nih mau cerita apa ga…maap juga ke beberapa temen karena belom cerita juga…jadi sekalian aja deh share disini biar semua bisa jadiin pelajaran aja dari kasus gw.

Jadi sebenernya ada apa sih? *nanya, nanya sendiri…jawab, jawab sendiri*
Jadi ceritanya, sehari ato bisa dibilang belum genap sehari juga sih…setelah Edel lahir, kira2 tgl 30 nov subuh setelah gw coba nenenin dia dan dia tidur (ini masi di rs yaa ceritanya) gw perhatiin kalo koq nih anak nafasnya sesek dan dadanya naik turun, biarpun baru beberapa jam saja jadi ibu…naluri ge bilang this is not right…akhirnya gw panggil suster buat bawa anaknya ke kamar bayi aja karena gw kira nih anak kedinginan. Ga lama kemudian suster pun ambil edel buat di bawa ke kamar baby. Nah, karena mumpung edel lg di kamar baby gw ama uti nyolong2 waktu buat tidur dulu.
Sekitar jam 6, kamar gw diketok dan kemudian masuk dokter jaga dan suster yg td ambil edel. Si dokter jaga yg masi muda ini jelasin kalo baby gw tuh tariks  napasnya ga normal…jadi katanya kalo babyblain tarikan napasnya sekitar 40-60x permenit sedangkan edel 80x per menit yg katanya bisa bahaya buat jantung baby…dan dia diagnosa kalo baby gw kena TTN (Transient Tachypnea of the Newborn) lebih jelasnya bisa di googling sendiri yaa pokok nya intinya masih ada cairan ketuban di paru-paru edel yang buat dia jadi susah napas. Dan dokter jaga saranin kita buat cepetan rawat di NICU right away dia sampe bilang katanya bahaya deh. Perasaan gw saat itu? Panik, sedih, kalut, cemas…di satu sisi masih in denial dan masih mikir mau cari 2nd opinion, disatu sisi takut anaknya kenapa2 juga…akhirnya karena gamau ambil resiko, kita mutusin buat yauda edel dirawat di NICU dulu. Karena bekas jaitan gw masi cenat cenut, akhirnya uti yg anter edel ke NICU dan urus adminnya. Sedangkan gw dikamar dan langsung nangis sesengukan. Sedihnya bukan main. Coba bayangin baru beberapa jam sama baby dan sekarang baby nya uda harus masuk NICU. 
Dan di NICU, edel kemudian di saranin utk tes darah dan rongent. Si edel disuru puasa dulu 1 x 24 jam buat di observasi. Kemudian masih di tanggal 30 nov siangnya, edel uda di pasang infus buat masukin obat…my heart breaks liat anak masi kecil bgt uda di infus, disuru puasa, dan harus ngalamin ini semua. 
Pas liat edel di NICU lgs gw nangis sesengukan sampe air mata dan ingus balapan…sediih bgt bgt bgt…

Kayanya sebelumnya belom pernah merasa sampe sesedih ini deh.
Sehari setelah dirawat, edel uda boleh mulai minum asi…tapi apa daya asi masi setetes dua tetes, akhirnya harus terima nasib kalo edel harus dikasi sufor dulu. Sufor yg dikasi pregestimil karena edel sempet alergi pas di pasang salah satu infusan sampe harus di ganti infusan nya. 
Susternya nanya apa gw sama uti pilek? Ato ada yg jenguk sakit pernapasan ga? Kita ga perhatiin yg jenguk karena lumayan banyak org juga yg jenguk di hari pertama…jadi pelajaran buat yg mau lahiran, better kalo banyak yg jenguk baby nya di taro di ruang baby dulu aja buat menghindari tertular ato terkontaminasi yg macem2 deh…kasian kan karena dihari pertama baby masi dalam proses adaptasi.
Hari kedua di NICU, badannya merah2 krn alergi infusan
Hari berikutnya ada kelas laktasi dari rumah sakit, daripada nangis dan sedih2an terus akhirnya gw milih untuk ikut aja kelas laktasi…itung2 buat belajar gimana nyusuin..dan setelah selesai kelas, konselornya mencet puting gw dan asi uda mulai keluar, akhirnya semangat pun mulai tumbuh…selesai dari kelas laktasi gw mulai merah pake tangan dan akhirnya dapet 10 ml. Setiap 2 jam sekali gw peres2 dengan skill yg seadanya dan hasilnya masih 10 ml juga. Karena edel juga masih dalam tahap adaptasi, susternya bilang 10ml cukup nanti sedikit demi sedikit ditambah.
Nambah beban lg, setelah dicek bilirubin edel lumayan tinggi dan harus disinar…ga tega banget liat kakinya yg satu diinfus, dan satu lg harus diambil darahnya buat cek bilirubin 😥
Yah pokoknya total perjuangan edel di NICU itu kurang lebih 3 hari setelah itu edel dipindahin ke ruang perina atau ruang rawat biasa, adaptasinya cepet dan proses recoverynya bagus jadi total edel di rs sekitar semingguan lah. Dalam waktu seminggu itu kan gw uda pulang ke rumah duluan, kerjaan gw dirumah pumping, pumping, dan pumping…ngumpulin asi buat edel. Uti juga tiap pagi sama sore ke rs buat anterin asip. Setelah edel keluar dr inkubator gw baru boleh nyusuin langsung. Edel ga langsung mau…dia meraung2 karena mungkin posisi latch on nya yg masih salah. Gw nyerah dan bilang sama susternya buat tetep kasi asi pake botol aja. Tapi tiap kalo ke rs, gw ttp coba paksain kasi asi langsung untung lama2 edel mau. Biarpun mengalami ini semua, masih banysk hal yg disyukuri sih…untung edel sakitnya ga parah2 amat dan cepet proses sembuhnya, untung asi gw keluarnya lancar dan cukup buat edel, untung kita masih ada rejeki buat ngelunasin biaya rs yg “lumayan” banget, untung kita masih dikasih kekuatan sama Tuhan buat menghadapi ini semua, untung sekarang edel sehat2 aja.
Semenjak edel sakit sekarang gw sama uti jd over protektif sama edel. Karena rumah kita di pinggir jalan dan banyak debu, akhirnua di kamar kita pake air purifier buat meminimalisir debu. Kita juga lbh rajin cuci tangan dan pake sanitizer dulu kalo mau contact sama anaknya, baju2 edel yg sebelumnya uda dicuci pake pewangi akhirnya di cuci ulang semua karena kata suster buat menghindari yg wangi2 dulu untuk sebulan pertama. Uti jadi tiap hari ngepel nyapu kamar biar bersih terus. Semua demi anak rela dilakukan deh. 
Edeline, semoga ke depannya kamu sehat2 terus dan tumbuh jadi anak pinter, anak yg sehat, anak yg takut akan Tuhan dan jadi anak yg penuh kasih. 
Karena kejadian ini juga, gw sama uti jadi sadar kalo kita tuh sayangg bgtttt sama edel. Semoga semua org tua disana ga mengalami hal yg gw alami ini yaa…semoga mommy2 to be nanti baby nya sehat2 semua ga kekurangan suatu apapun. Amiin.
Mata bengkak kebanyakan nangis
My big baby

Buat para temen2 bloggers, doain yaa supaya edel sehat terus 🙂

33 thoughts on “My biggest nightmare, my greatest fear

  1. Rib, liat Edel di nicu, gue ikutan sedih 😦 pengen nangis, gue ga kebayang kalo gue jadi lo. pasti nangis2 terus tapiiii lo kuat Rib en edel pun kuat!! sehat2 terus ya buat edel *kiss2 buat edelllll*

    Like

  2. Rib, liat Edel di nicu, gue ikutan sedih 😦 pengen nangis, gue ga kebayang kalo gue jadi lo. pasti nangis2 terus tapiiii lo kuat Rib en edel pun kuat!! sehat2 terus ya buat edel *kiss2 buat edelllll*

    Like

  3. Huiks, hati ikutan hancur bacanya, Puji Tuhan Edel gk kenapa2 sekarang. Sehat trus yaa edel, jadi anak yg maniss yaaa ;')

    Semangat trus rib, you will be a great mommy for edel 🙂 GBU

    Like

  4. sedih bgt liat baby sekecil itu masuk nicu n diinfus.. 😦 tapi salut Rib sama u,, bisa lewatin semua n tetep kuat.. Sehat2 terus yaa buat Edel.. jgn sakit2 lagi ya sayang.. Semangat jg Rib buat terus kasih Edel ASI yaa.. GBu.. ^^

    Like

  5. Tapi Edel udah sembuh kan Rib, Puji Tuhan yah cepet ketahuan jadi cepet penanganan…

    Dulu waktu anak2 lahir kita nggak kasih orang gendong2 jadi cuma liat aja (mungkin) ada saudara yg tersinggung karena ada yg mau noel pipinya trus langsung ditegur Ferry. Kalau yg jenguk sepantaran gw atau temen rasanya udah teredukasi jadi nggak sembarangan main gendong atau pegang, kalau batpil pun jauh2 entah pas baby gak ada atau maskeran. Plus cuci tangan semua kan disediain….

    Semoga habis ini nggak ada masalah lagi yah Rib. AMIN!

    Like

  6. Ci Ribka,, Hug You,,
    i feel you ci walaupun belum nikah en punya baby sendiri..
    tapi sedih banget liat baby kecil gitu harus d tusuk sana-sini ama jarum..
    duh berat banget cobaan jadi mommy nya,,
    tapi sekarang edel uda sehat kan,,
    semoga ga ada kejadian yang aneh-aneh lagi ya Ci,, en Edel sehat teruss,,

    Like

  7. Ribkaa.. Thanks for the sharing. And I feel sorry u have to experience it 😦 Gapapa ya ribb skrg yg penting edel udah sembuh, sehat kuat dan minum susu yang banyak biar tumbuh besar dan sehat.. Amin rib doanya.. Edel mami dan papi juga sehat selalu ya smua! 🙂

    Like

  8. Kalau anak sakit memang rasanya hati jauh lbh rontok drpd diri sendiri yg sakit. Gue jd inget n kebayang perasaan nyokap pas dulu gue sakit parah, pasti berantakan banget hatinya. Sehat terus ya Edel. Semoga jangan sampai ada kejadian apa2 lagi dan tetep montok selalu :).

    Like

  9. Syukurlah sekarang udah gapapa ya Edel.. feeling mommy emang ga salah ya..
    Sehat2 trus Edel. Mami nya juga sehat2 biar asi nya lancar ngalir trus.

    Gua dulu kalo cuci baju baby kan pake yg macem sleek gitu rib..trus pas tau anaknya rada sensitip dan merah2, dokter suruh ganti deterjen nya pake yg non residu gitu. Jadinya gua pake deterjen yg buat cuci clodi deh sampe sekarang. Merk nya macem ultraco atau anzav. Itu yg rada murmer. Klo yg premium di mothercare ada yg merk Cradle. Kalo misal Edel sensitip mgkin bisa coba pake deterjen2 yg non residu itu rib.
    Klo kaya sleek, pure baby gitu masih ninggalin residu ktnya.

    Fyi aja ya. Hehehehe.

    Like

  10. aduhh rib, g liat foto edel di infus begitu nyesek bangett kasian liatnya gimana u yang jadi mamanya.. :(( untungnya sekarang edel udah gpp ya.. semoga edel sehat terus jd anak yang tambah montokk dan cantikkk ky mama nya.. :)) * Hug

    Like

  11. Rib, stay strong ya.. .. yg penting sekarang edel udah sembuh..titip cium dr aunty buat edel ya..
    Thanks ya udah sharing2.. gw jd bs lebih hati2 lg kl misalkan nanti jenguk temen yg baru lahiran.

    Like

  12. g semenjak ada anak, liat anak kecil di jalanan yang kotor dengan debu, tidur sambil pegangin botol kosong, mulut melonggo kek na pules banget! kadang bisa sampe nangis liatnya, andaikan g bisa buka tempat penampungan anak.
    Edel sehat selalu, hwaiting~

    Like

  13. hai ribkaaaa…duhhh >.< turut prihatin yah atas kejadian awal2 lahiran edel...sempet ngilu emang liat baby di ruang NICU yah....apalagi kalo baby sendiri...ga tau deh harus nangis berapa hari... semangat terus ya rib…semoga Edel makin besar makin sehat selalu…

    Like

  14. Kaget bacanya ka.. Ternyata pas yang gw kesana bukan cuma di sinar ya, tapi di rawat di NICU. Hiks.. kasian banget liat baby di tusuk sana-sini ya. Udh cukup liat baby temen gw yang di NICU selama 18 hari 😦 rasanya ga kuat hati ini OMG.. Yang penting sekarang udah sehat ya. Edel, sehat trs ya sayang. Kiss.. Kiss.. Mommy nya juga sehat terus ya..

    Like

Leave a Reply

