My baby journey · pregnancy

New Mom Needs

Nah selain barang2 keperluan baby, bumil juga jangan sampe lupa siapin keperluan nya sendiri karena biasanya saking asiknya belanja ini itu buat baby eh buat dirinya sendiri malah ga siapin apa2, jadi berbekal dari petuah2 org tua dan temen2 yg uda melahirkan sebelumnya kira2 ini lho yang perlu disiapin buat ibu baru setelah melahirkan.

1. Daster/piyama bukaan depan
Nah bukaan depan itu maksudnya yang ad kancing depan nya yaa supaya pas mau nyusuin baby gampang dan ga perlu singkap2 baju, better siapin juga nursing cover ke rs kali ya jadi kalo pas nyusuin terus ada tamu kan lbh enak jd ga ada nipple show…lol. Usahain beli daster ato piyama nya yg bahan katun ya jadi dipakenya ga gerah. Biasa sih kalo piyama gitu gw beli di mangdu yg merk yumico *bukan promosi*

2. Kain Sarung 

Katanya kalo abis lahiran susah pake celana kan yaa karena bekas jahitan di bawah sana ato pun bekas sc masi perih, jadi disarankan pake kain sarung aja sbg bawahan. Kalo ga kain sarung kain batik jaman nenek moyang dulu juga bisa dipake tuh.
3. Pembalut Nifas 
Pembalut nya ga harus pembalut nifas sih bisa juga pake pembalut yang biasa kita pake. Concern nya pake pembalut nifas krn biasa darah keluar lebih banyak dan pembalut nifas itu kan tebel jd bisa nyerep lbh banyak. Temen gw sih pas lahiran dikasih dr rumah sakit, tp buat jaga2 bisa bawa sendiri aja biar aman. Merk pembalut nifas itu biasanya Monalisa yg uda terkenal dan banyak dipake dari jaman dulu tapi sekarang uda mulai banyak merk lain kaya Dacco dan mothercare juga ada.
4. Kaos Kaki
Nah ini katanya sih buat jaga2 aja karena banyak yg kedinginan abis lahiran. Pake kaos kaki supaya ga gampang masuk angin juga. Kalo tradisi chinese kan selama 40hr abis lahiran juga harus selalu pake sendal biarpun didalem rumah.
5. Nipple Cream
Karena masi noobs dalam hal menyusui banyak jg kasus ibu baru yg puting nya lecet pas nyusuin jadi jangan lupa siapin nipple cream juga yaa buat ngurangin rasa perih di puting.
6. Breastpad
Breastpad ini masi ad yg bilang ga butuh dan ad yg bilang butuh jadi akupun masi rancu, makanya gw beli aja dulu yg isi 24pcs. Mungkin kebutuhan tergantung produksi asi masing2 org yaa…kalo uda keluar banyak mungkin butuh..
7. Nursing Bra
Kalo ini kayanya butuh banget yaa jadi ga perlu “ngobok” macam org jaman dlu. Pilih nursing bra yang nyaman dan ga bikin sakit. Better sebelum beli diukur lg ukuran dada nya karena biasa kan payudara semakin membesar saat hamil dan menyusui. Kalo jumlah nya sih kurang lebih beli 4 dulu kali yaa…
8. Korset/Gurita
Kalo ini juga bisa dipilih sesuai kebutuhan aja, kalo korset melahirkan sih lbh praktis dan pakenya lbh gampang dibandingkan gurita yg iket2 itu. Sekarang banyak bgt merk2 korset tempel kaya korset new life, sampe korset yg harga nya jut2an dan banyak di pake artis kaya Belly Bandit ato The clinch tummy wrap. Beli nya disesuain sm budget dan kebutuhan aja..hehehe
Kayanya itu aja deh yang kepikiran, mungkin nanti kalo ada tambahan bisa gw tambah lg di lain waktu. Semoga membantu yaa…Oh yaa buat senior2 sekalian yg mau menambahkan ato koreksi silahkan lhoo..sangat2 membantu sekali itu.
18 thoughts on “New Mom Needs

  1. Nice info Rib, gw malah ga kepikiran kaus kaki loh… sip, tinggal tambahin ja klo gt.
    Gw juga udah beli breastpad cuman yg washable, baca2 blog, ada jg yg ganti breastpad pake milk saver… lumayan sih buat nampung asi,buat yg asinya sedikit kan berarti bgt ya walau cuma bbrp tetes… cuman kayaknya agak bulky ja di gw, jadinya sih cocok2an ya 🙂
    klo nipple cream bisa juga alternatif diganti pake nipple shield (pelindung sekaligus penyambung nipple) ini bisa kepake jg klo baby nanti udah mulai tumbuh gigi… kan biasanya suka kegigit nipplenya hehehehe…

    Like

  2. 1. Yumico jaman lahiran Conrad kayanya 100rb an deh gw ada beli daster kancing depan 2 sama piyama kancing depan 2 ini
    prestasi soalnya gw gak suka pake ginian biasa cm pake daster bali yg 1 tali *jd ini baju yumico skrg dipake pas gw gak enak badan* krn nyaman hehehe (kl bisa beli yg modelnya cakepan, jd pas udah gak menyusui bisa dipake, buat hamil
    lagi anak berikut pun bisa kepake)

    2. gw pake daster kaga pake sarung, lahiran SC soalnya sungsang semua

    3. pembalut gw dapet dr RS tapi gw sebel pake model
    pembalut iket gitu jadi gw bawa charm sendiri yg 42cm ada jual di spm, katanya sih tujuan pake pembalut dari RS biar tau penyerapan darahnya segimana jd kl ada apa2 cepet tindakan (tapi ini gw lupa2 inget) tetep aja gw pake charm hehehe

    4. gw pake kaos kaki sama bawa sendal jepit, entah knp lt RS terasa dingin (efek bius bikin gw menggigil dan gatel2) tapi kl lahiran normal nggak perlu kali yah?

    5. dulu gw pake merk kamilosan beli di apotik, tapi kl habis pake nggak boleh nyusuin brp lama (lupa) ada itungan menitnya jd nyusuin sisi satunya lagi

    6. gw pake merk pigeon lumayan oke, ada beli merk mothercare bisa cuci ulang tapi tembus jd gw gak rekomen sementara gw dapet kado merk moo moo kow sama merk apa gitu tapi bunder ceper tebel dan nggak nyaman gw pakenya jd makin maju nggak indah tuh nenen keliatan bgt dr bentuk ada sumpelan gahaha jd gw pake pigeon lg yg buang *ribet cuci2 soalnya bau asi amis bgt, kl nggak bersih baunya nggak enak anyep anyir*

    7. nursing bra kl sampe basah terpaksa ganti dan cuci hihihi kayanya butuh lebih dari 4, tapi untuk awal coba bolehlah 4 krn kl gak pake tar bajunya yg kena rembes asi tapi kl pake bra harus pake breast pad kl nggak rembes juga 🙂

    8. dulu guruta gw juga tempelan, pake itu gerah dan gatel2 jadi sebel jadinya blom 40 hari udah gw copotin abis nggak betah. Banyak tmn gw ambil paket tuh sama Dian Mustika jaman gw rasanya 3-4jt (harga 4 tahun lalu) tapi gw nggak ambil *sayang duit alias pelit*

    Jadi panjang komennya…

    Like

  3. g waktu itu gurita sih di kasih ama RS-nya, pembalutnya juga, trus ga rempong pakai piyama yang di rs aja, toh tiap hari di kasih gantinya juga, polangnya baru pakek baju dewek, g sc sih, tapi enggak perih2 jadi cuma hari pertama selesai operasi pakai daster rs, besoknya udah pakai piyama celana sampe polangnya
    lancar yah buat prosesnya, di tunggu photo babynya ^^

    Like

  4. nice info Rib 😀

    kalo lahirannya sc perlu sarung ya Rib soalnya temen gue abis dijait itu sarungan sampe di rumah juga *serasa disunat, hahahahaha
    iya gurita buat ibu skrg uda praktis ya tinggal plek rekat aja, ga usah diiket2 lagi kayak dulu

    Like

  5. Aaaah cici…makasih infonyaa…kemarin aku ke mangdu yumico uda 100-150 tergantung bahannya…kalo breastpad emg aku juga lbh prefer yang dispo deh..kalo yg dicuci2 takut ga higienis…

    Like

  6. Pembalut enakan pake Charm 42cm, Monalisa dan kawan-kawan mah geser2 goyang disko! Kalau takut bocor, sering-sering aja ganti hahaha. Sarung gak butuh-butuh amat, kecuali lu mau ambil paket perawatan mandi uap Dian Mustika, nah itu lu butuh sarung sebiji aja. Sarungnya pun bukan sarung batik ya, kurang lebar, tapi sarung bapak-bapak yang kotak2 itu, yang buat sholat.

    Like

  7. Gue pas lahiran sc ga pake sarung rib, pdhl nyokap uda sediain 2 biji sampe. Soalnya ribet pas mo pipis itu sarung either melorot semua kebawah atau diuntel2 semua keatas wkwkwwk jadi pake piyama tidur biasa.

    Kaos kaki jg akhirnya ga kepake soalnya alih2 kedinginan, gue malah kepanasan parah yg bener2 banjir keringet nya. Padahal pake AC, jd babay deh yg nama nya ga mandi 40hari 😀

    Trus nipple cream, kalo gue waktu puting lecet cukup olesin pake air asi sendiri. Manjur 😀 ngirit deh ga usa beli cream hehe

    Like

Leave a Reply

