make up · My story

Beauty 101 – Make Up for Beginner

Berhubung dapet request dari jeng Jurie-chan, postingan kali ini diriku mau berbagi penglaman dalam belajar mekap (baca: Make-Up). Jangan dikira sotoy atao ikut2an mau jadi beauty blogger yaa..hiks hikss…tapi emang sejujurnya aku seuka sekali sama Make Up dan peralatan lenong lainnya.
Semoga dengan adanya postingan kali ini bisa membantu cewe-cewe ABG yg baru mau belajar make up ato cewe-cewe yang baru mau menyentuh make up…karena akuilah setomboy dan seperkasa apapun wanita, pasti ada sedikit naluri untuk mempercantik diri..ya kan? ya kan?

What to buy?
Kalo mau make up pastinya harus punya alat & product nya yaa…kalo kaga gimana mau make-up nya mbak? Jadi buat pemula gw saranin ga usa terlalu beli banyak product & alat dulu karena nanti malah bingung.

Must Have Tools for Beginner:
1. Beauty Blender/Sponge
Guna nya adalah untuk pake foundation/BB Cream/Primer/CC Cream dan untuk membaurkan concealer & mempermudah blending untuk Shading & Highlighting. Basicly, beauty blender ini ada 2 macem bentuknya yang seperti Telor dan 1 lagi agak Curvy.

source

Dalam pemakaian foundie/BB Cream lebih mudah kalo dibaurkan pake sponge, kalau pake tangan/brush hasilnya kurang natural dan jadiny kurang rata (karena kan masih pemula yaa).
Sponge ini bervariasi harga & merk nya dari yg mahal sampe yang murah. Untuk yg original Merk Beauty Blender harganya bisa lebih dari 200rb, yang tengah2 merek masami shouko 89rb-an, dan yg merek Drool harganya 85rb, silahkan dibeli sesuai dengan kemampuan dompet masing2 yaa. Kalo gw pribadi gw cukup pake yang Masami Shouko (Bukan Promosi). Cara pakainya cukup basahkan sedikit beauty blender nya, lalu siapkan foundie/BB Cream di punggung tangan secukupnya, lalu aplikasikan Foundie/BB Cream nya ke wajah dengan cara di tepuk-tepukan, ingat di tepuk-tepuk yaa bukan dioles-oles karena wajah Anda bukan roti tawar. Hasilnya lebih light & lebih natural.
Kekurangan nya cuma 1 yaitu Foundie/BB Cream lbh cepet abis soalnya nyerep ke sponge nya…

2. Brush Make-Up
Untuk pemula brush juga kayanya ga usa terlalu neko-neko, ga usa terlalu banyak karena ujung2nya ga kepake. Gw saranin juga untuk pemula untuk beli product make-up yang uda ada applicator nya karena? Hemat dan mudah.

As a starter, berikut ciri2 brush yang baik pada umumnya:
– Tingkat kehalusan nya, ga kasar di wajah
– Bristle/Bulu nya tidak rontok ketika dipakai
– Blending power nya, ketika disapukan di wajah product nya ga numpuk disatu titik.

Kabuki Brush
Kabuki brush ini cukup berguna karena bisa dipake untuk macem-macem, seperti Bedak (Powder/Compact both can lah…), Blush On, Bronzer, Finishing Powder, dan Blending juga…Mantep kan? Kabuki ini bentuknya juga lucu cebol2 gitu beda sama brush2 lainnya yang umumnya slender.
Di dunia per-make up an Kabuki yang dipandang ciamik nan bagus adalah Make up forever Kabuki Brush. Diriku baca review-nya dari salah satu blogger indo disini.  Banyak merk2 lain juga yang mengeluarkan kabuki brush ini. Silahkan dipilih juga yaa sesuai dengan kantong.

source

Eyeshadow Brush
Eyeshadow umumnya bisa digunakan dengan menggunakan applicator yang ujungnya seperti cotton-bud, tapi menurut gw pribadi aplikasi dengan menggunakan brush/kuas jauh lebih enak karena blend nya gampang dan rata. Eyeshadow Brush sebetulnya cukup punya 2 aja, yang agak besar untuk seluruh eyelid dan 1 lagi yang lebih kecil ukurannya untuk pake di ujung mata.

source

Eyelash Curler
Alias penjepit bulu mata biarlebih lentik, eyelash curler berguna banget buat yang bulu matanya lurus jadi ketika dijepit bulu matanya bakal lebih lentik. Eyelash curler ini juga banyak merek-nya dan umumnya sama aja. Kalo menurut pakar make up, the best eyelash curler itu yang merk-nya Shu Uemura.

source

Menurut gw untuk Tools-nya cukup itu aja sih..dan jika emang niat mau diterusin belajar make up nya bisa beli Brush set yang isinya macem-macem brush, biasanya jauh lebih murah dan lengkap.

Must Have Products for Beginner:
1. Foundation/BB Cream
Fundation itu bentuknya macem2, dipakai sesuai dengan kondisi kulit juga. Merk nya juga banyaaak bgt dari yang mahal banget, mahal abiss, mahal aja, sedeng2 aja, sampe yag murah bingitts. Jadi sebaiknya disesuaikan dengan dompet dan tentunya kondisi kulit, dalam membeli foundation sebaiknya dikonsultasikan dulu sama SPG nya, bisa dicoba dulu di blend di punggung tangan untuk merasakan teksturnya, dan bisa diolesin sedikit ke muka untuk lihat warna nya uda cocok atau belum.
Bentuk nya yang banyak digunakan itu biasanya yg cair, tapi ada beberapa bentuk foundation juga seperti compact, cream, dan cushion. Kalau sekarang sih wanita asia lebih banyak pake BB Cream karena lebih light dan all-in-one. BB Cream dirasa lebih cocok untuk kondisi kulit wanita asia. Gw pribadi juga pake nya BB Cream. Sekarang ini juga ada produk baru yang namanya BB Cushion, fungsinya sama seperti BB Cream, tapi formulanya lebih ditingkatkan lagi dan penggunaan nya sperti pakai bedak, ditepuk2 ke cushion-nya lalu baru di aplikasikan ke wajah menggunakan sponge nya.

The Famous BB Cushion source
BB Cream source

2. Bedak
Bedak yang paling mudah digunakan itu yang bentuknya compact, sama seperti Foundie/BB Cream sebaiknya sebelum membeli di konsultasikan dulu sama SPG nya, supaya sesuai warna nya & sesuai dengan kondisi kulit kalian.

3. Blush On
Blush on sebaiknya beli yang warnanya tidak terlalu pink, cari yang warnanya peach agar terlihat lebih natural.

4. Eyeliner
Menurut gw eyeliner yang paling gampang dipake adalah yang bentuknya spidol/stylo karena ga bleber. Tapi kan tiap orang beda2, silahkan cari eyeliner yang sesuai dengan kalian. Jangan lupa untuk beli Eyeliner yang waterproof & smudge proof supaya ga keliatan kaya panda yaa…

5. Mascara
Mascara juga penting supaya mata keliatan lebih gede dan lentik. Bisa dicari sesuai kebutuhan aja, biasanya ada yang buat menebalkan atau memperpanjang dan bahkan beberapa merk menjanjikan bisa memberi hasil panjang & tebal.

6. Lipstick
Untuk pemula sebaiknya pakai warna yang soft & natural biar wajah ga kaget & keliatan segar.
Warna yang agak coral, pink, dan nude sangat disarankan. Mungkin kalo mau kondangan di malam hari bisa menggunakan warna yang agak shocking kaya Merah, Fuschia, atau sedikit keunguan. Tapi percayalah pake lipstick merah itu susah dan kalau pakenya bleber muka kita keliatan kaya Joker.

Ini salah satu lipstick Fav gw, suka karena warnanya bagus dan gampang dipakenya

source

7. Eyeshadow
Sebaiknya beli eyeshadow yang minimal terdiri dari 2 warna, lebih banyak lebih bagus..hehehe…
Untuk penggunaan nya warna yang lebih muda dipakai dibagian dalam mata dan warna yang lebih gelap di ujung luar mata.

8. Eyebrow make up
Jangan pernah lewatkan alis, karena muka bisa keliatan lebih tua…beneran deh kalo muka uda full make up rasanya ga afdol ya kalo ga pake pensil alis, kecuali kalo kalian alisnya uda tebel dan rapih mungkin ini bisa dilewatkan. Beli pensil alis/shadow alis yang sesuai dengan warna rambut (biasanya 1 level lebih gelap) karena kalo belang nanti keliatan aneh banget. Menurut gw pake pensil alis ini paling susah, gw belajarnya juga lama banget…kadang ga balance, kadang ketebelan, kadang ketipisan. Pokoknya sering2 aja latihan, learning by doing..nanti lama2 bakal terbiasa dan kita bakalan tau bentuk apa yang sesuai dengan wajah kita sendiri. Pakai pensil alis ini jangan terlalu ditekan agar hasilnya natural.

Sekian tips-tips sotoy gw semoga membantu cewe-cewe yang lagi belajar make-up semoga ke depannya bisa berbagi tips-tips lainnya yaa.
Dan satu tips lagi, “Always start with a clean & moisturized face!”, tips untuk skin care routine bisa dicek di blog jeng Fanny, silahkan klik disini

34 thoughts on “Beauty 101 – Make Up for Beginner

  1. Thanks rib… so far gw blm punya beauty blender aja, kwkwkwkwk… biasa pake jari apa brush.. 😛
    paling kudu nambah brush bwt eyeshadow… wkowko
    Nicee infoo… muccihh ya ribskiii ^^

    Like

  2. Gw langsung berasa bukan cewe abis baca postingan ini. Hahaha.
    bb cream, bedak, eyeliner yg dulu pernah gw beli cm kepake beberapa x.
    emang dsr nya ga demen make up. Sekalinya dibeli, ujung2nya ilang entah ditaro dimana. Wkwkwk.
    Tp emang bermanfaat postingan nya rib. 😀

    Like

  3. Sama kaya Chyntia, gw berasa gw ini siapa?? Cewe tapi gak ngerti semua diatas.. Keseringan make up disalon, gw tinggal duduk manis aja..hahahaha…
    But, anyway makasih ya Ribka. Jadi tertarik untuk mencoba membeli dan menggunakannya. Biar klo mo kondangan, ud bisa dandan sendiri sedikit2. :))

    Like

  4. Gue ngga hobi make up dan jarang banget pake make up hahahaha. Ngerti sih ngerti sama semua peralatan lenong, tapi kalo disuruh aplikasi..ntar dulu…mending gue tidur lamaan pagi2 huahahaha….

    Tapi anehnya, kenapa dulu temen-temen kuliah gue nyangkain gue suka dandan ya? Padahal kalo liat tas make up gue, itemnya paling cuma 5 biji hahahaha.

    Like

  5. ribkaaaa aku juga demen deh sama make up tp sekarang2 mah udah jarang make up-an kalau pergi hahaha.. aku belum punya beauty blender itu tuh, selama ini pake bb cream dioles aja pake jari hahaha sama penjepit bulu mata juga ga punya, soalnya paling males apa2in bulu mata paling cuma maskara aja.. thanks for sharing rib 😀

    Like

  6. Kyaaaaa Ribka, aku jd belajar banyak dr postingan km.
    Asli aku gak bisa dandan sama sekali, pernah dandan sendiri dan liat hasilnya Suami bilang kaya badut dan gw juga emang ngerasa muka gw ky badut saat itu wkwkwk.
    Suka diledekin temen kantor kali-kali dandan napa, gw cuma jawab gini aja udh manis kok jd gak perlu dandan hahaha.
    Tapi gw pengen belajar nih, sering-sering posting make up ya Rib 
    Slm kenal, ehh lupa udh pernah atau belum komen disini hehehe

    Like

  7. salam knl ribka..wew baru tau kalo make up itu kudu ada sponge..trus gw uda ampir ada smuanya kecuali yg buat alis2 itu gw ga pernah gmbr alis slama ni kalo make up..sama yg buat lentikkin bulu mata gw jg kaga perna pake..pdhl gw da perna bbrp kali ikt kls make up pemula tp ga sekomplit ini loh pelajarannnya..haha…tks for sharing.

    Like

  8. hi rib.. biasa gw malah pake tangan aja deh kalo BB cream ato foundation. ahahha.. tapi emang kyknya harus beli si sponge itu dehh.. muahahaha.. gw baru2 ini aja belajar basic make up buat event, gara2 tuntutan kerja freelance gw. muahahha.. yaa puji tuhan ga kyk ondel2.. haha. tapi masih kudu bnyk belajar.. haha. makasih info.nya.. hehe

    Like

  9. wah ini yg gw butuhkan : review makeup hahaha..
    gw kadang suka beli alat makeup klo keracunan reviewnya di majalah 😛 syukur gw ga tinggal di jkt, disini jrg jual makeup macem2, jadi klo mau beli makeup biasanya nunggu nitip org yg ke jkt, jadi syukurnya ya krn gw jadi gak boros hahaha
    Padaal gw males juga aplikasinya lho, eyeshadow jrg bgt pake, makanya makeup gw smua awet ga abis2…

    Yg gw blom pny itu si Blender tadi, biasanya pake tangan doank

    salam kenal yaa, lagi baca2 blogmu ke bawah2 😀

    Like

Leave a Reply

