preparation · wedding

Cerita Sangjit

Sebenernya lg males ngetik nih, tapi tetep dipaksain deh yaa daripada nanti keburu basi…
Jadi ceritanya tanggal 17 Agustus kemarin itu bertepatan sama hari sangjit gw..Kalo untuk adat tionghoa, sangjit itu semacam kaya seserahan..jadi tahapan adat tionghoa biasanya Lamaran –> Sangjit –> Wedding. Jadi sangjit itu semacem lebih one step ahead dari lamaran..kalo salah maafkan kesotoyan gw yaa…

Maapkeun kalo postinga ini ga ada fotonya soalnya sama sekali ga kepikiran buat foto as usual, jadi cerita2 aja yaa.. siapa tau bisa membantu temen2 sekalian juga yg mau sangjitan.

Sangjit itu nampan-nya ga boleh ganjil, jadi minimal 6 nampan, bisa 8, 10, 12 dsb dsb..
Hahahaa..karena bingung itu nampan mau diisi apa aja, akhirnya kita cuma siapin 6 nampan dari uti yang nantinya ada beberapa yg gw siapin juga…

Isi nampannya:
1. Baju, sepatu, tas, piyama gw –> gw tuker sama piyama uti, kemeja & celana bahan, sepatu uti.
2. Kosmetik gw –> gw tuker sama set ikat pinggang & dompet uti
3. 2 Arak/Ciu –>  gw tuker sama 2 sirop marjan (Rugi bandar ya ti, arak dituker sirop marjan lol)
4. Buah apel & jeruk masing2 6 buah –> dibagi 2 dan gw isi nampannya sama permen2 manis2an
5. Lilin merah 2 pasang, kue satoo 2 set, makanan kaleng2an (cukiok, leci, lengkeng) 6 buah –> nantinya dibagi 2
6. Set perhiasan, uang susu, uang lamaran –> Cuma diambil uang susu & perhiasan aja, uang lamaran ga diambil karena katanya ga jual anak…

Rangkaian acaranya:
Pertama papa, mama, nenek, dan jubir keluarga uti (ooh-nya) dulu yang dateng menjelaskan maksud kedatangan nya mau apa, terus setelah diterima kedatangan nya baru 6 org cewe dr keluarga uti yang sudah menikah dateng bawain 6 nampan yang nantinya akan diterima oleh 6 org cewe yang sudah  menikah dari keluarga gw, nah masing2 orang yg bawa nampan harus dikasi uang hoki(angpao wisit).

Setelah nampan diterima, isinya di ambil dan ditukar/dibagi 2 sesuai penjelasan gw diatas.
Dari keluarga gw juga siapin makanan siang untuk keluarga uti karena acaranya pas2an sama jam makan siang, katanya sih kalo sangjit memang ga boleh malem yaa, karena kurang bagus.
Untuk yang memberikan/menerima nampan aturannya juga banyak, harus yg sudah menikah & pernikahan nya baik, jadi yang sudah janda ga boleh ikutan terima nampan, cewe yg belum menikah ga boleh karena katanya nanti berat jodoh.
Ya aturan masing2 keluarga kan bisa beda2 yaa, diikutin aja aturan dari masing keluarga sendiri tapi kurang lebih sih sama..beda2 dikit lah seenggaknya…hehehehe…

Setelah sangjit lega juga karena , acara ini kayanya repot banget karena ada beberapa adat gw sama uti yg beda, jadi gw sama uti yg ada ditengah2 jadi rada stress…Dan setelah sangjit gw mengalami hal yg sama kaya epi yaitu….Gw juga takut manggil bonyoknya uti papa mama…aneh banget rasanya setelah sekian lama manggil om tantee…pas kemarin sangjit aja masih suka keceplosan manggil om tantee..maafkaaan yaa…Semoga gw cepet2 terbiasa yaa…

Sebagai penutup gw kasi satu2nya foto pas sangjit kemarin…Sisa fotonya ada di kamera ko2nya uti & om nya uti…hikss

Advertisements

20 thoughts on “Cerita Sangjit

  1. Hihihi.. Congratttt one more time yah Rib.. Kita kayanya 11-12 deh sangjitnya. mirip2 kok. 🙂

    Iya, tapi lama2 biasa deh manggil nyokapnya uti. hahaha.. 😀 walau aneh.. tapi kalo kata ko arman musti dijabanin supaya lancar. hahaha.. 😀

    Happy for you yah rib.. 🙂 sukses sampai hari H

    Like

  2. Ribb sangat membantu sekalii.. Lagi butuh info tentang sangjit nih haha.. Tar sangjit aku kecil2 an doank nih sehari sblm merid hahaa.. yg kmrn rame2 malah lamarannya ya.. Congrats yaaa setahap lagi dah lewat hehe

    Like

  3. sekali lagi, congratz ya ribka..hahaha.
    kayanya nanti gw jg ada syndrom kaya u jg ya. biasanya manggil ii, ter tiba2 mesti manggil mami. wkwkwkwk.
    adat nya u mirip sama kaya adatnya gw kok. 🙂

    Like

  4. Congrat yaa ribka,….akhirny sedikit lagi menuju hari H ya, sama rib gw smp skrng masih manggil mamany budi dg tante begitu jg dg budi
    rasany pas manggil kok suarany ndk keluar yaa hahahah, tp katany hbs married pasti bisa manggil, loe sebulan lagi yaa good luck lancar semua,

    Like

  5. selamat ya rib.. makin deket ya hari H nya.. hihihi
    pasti grogi/ngerasa ga biasa gt ya manggil camer hehehe.. gw dlu uda disuru panggil mama, tp ampe skrg ttp panggil tante hahaha.. susah bgt kayanya :)) semoga nanti pas sangjit uda biasa >.<

    Like

  6. Happy for both u yah rib. Akhirnya kelar sangjitnya tinggal nunggu hari h aja hehehe..
    Cara sangjitnya sama kaya gw nanti rib, ga terlalu ribet banget dibanding sangjit cie2 gw dulu yang musti siapin bakpao bentuk persik sampe beranak pinak

    Oh yah gimana catsipnya udah dapet blm? Kabarin aja yah kalo perlu dibantuin rib 🙂

    Like

  7. Congrats, Dear! Gue dulu ga pake sangjit2an karena takut salah ga ngarti aturan. Jd cukuplah pas lamaran dikombo dengan calon suami n keluarganya bawain gue baki isi macem2 dan mantebnya, gue kagak pake ngebalikin apa2an hwhahaha.

    Sukses terus sampe hari H dan selanjutnya.

    Like

  8. Haiii Ribkaa congratsss yahh… brartii harii H nya jugaa bentarr lagii yah? hihihi,,, lancarrr” ya nanti hari H…
    btw cami km ikutan juga pas acara sangjitnya?? klo ak kok nanti katanya conya ga blh ikut ya, >,<

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s