preparation · wedding

Serba serbi urus surat buat nikah

Postingan ini semoga berguna ya buat temen2 yg mau merit juga kaya chyntia, mei, tiana, renie, mira, dll deh…

Paling males kan yah ngurus surat2 yg berhubungan ke kelurahan, kecamatan gitu2… ke rt/rw aja males apalagi ke kelurahan sama kecamatan. Beruntung ya kalo bisa punya kenalan yg urus2 surat macem begitu, tapi buat yg mau urus sendiri bisa koq..tapi ya pake pelicin aja..btw ini pengalaman pribadi gw ya di kelurahan & kecamatan tempat gw tinggal…mungkin di tempat kalian uda bagus birokrasi nya (apalagi jakarta, katanya uda rapih ya sistemnya dan ga ada yg namanya sogok2an)

Ini buat gambaran jelasnya alur pembuatan surat keterangan untuk menikah begini:
1. Minta surat pengantar dari RT/RW
Ini paling gampang ya, minta surat ke RT/RW sih harusnya ga ribet, tapi banyak juga yg ngalamin RT/RW nya tuh susah dicari alias sibuk. Nah karena kebetulan rumah gw pas di sebrang kantor RW, jadi agak lebih gampang nyari bapak2 RT & RW tapi eh ada tapinya…masa pak rt & pak rw baru ada di atas jam 9 malem…Untuk buat surat pengantar RT/RW cukup bawa fotokopi KTP aja ya dan biayanya gratis kalo ditempat gw, tapi masa RT/RW nya uti minta duit 20rb per orang, jadi total damage dia buat urus surat pengantar RT/RW uda 40rb aja…

2. Buat surat N1, N2, N4 di kelurahan
Nah karena gw kerja, utk urus ke kelurahan yg minta tolong ko2 gw…Bikin surat2 ini sih paling gw kesel karena kelurahan gw keliatan banget mata duitan-nya…ada drama ngomel2 jg nih…
Jadi di surat N2 kalo ga salah kan ada nama org tua, masa nama mama bisa salah tulis padahal uda dibawain fotokopian KTP, salah tulisnya bukan cuma salah ketik yaa…ini beneran salah semua nama mama gw ditulis Hj. Bla Bla Bla (gw lupa tepatnya apa) siapakah gerangan dirinya? Ko2 gw juga ga ngecek lagi pas pulang, pas malem gw sampe rumah gw cek koq ada yg salah namanya..alhasil si ko2 kena ngomel2 gw yg lg emosi..hahahaa..adik gatau diri uda ditolongin bikin malah diomelin…
Biaya pembuatan surat N1, N2, N4 itu 50rb, nah logikanya kalo salah ketik kan kesalahan terletak pada petugas kelurahan dan harusnya mereka tanggung jawab, pas besoj harinya ko2 gw balik dan minta revisi bikin surat baru, eh dia minta duit lagi dong 20rb, katanya buat ongkos nge-print..yaelah di abang fotokopi nge print cuma seribu kaleeee…Dokumen pendukung buat bikin surat N2-N4 itu fotokopi KTP ayah-ibu, KTP kita & pasangan, dan Kartu Keluarga.

3. Buat surat PM1 di kecamatan
Nah, sehabis dapet  surat N2-N4 kita bawa ke kecamatan untuk surat PM1 (Surat Keterangan Menikah/ Surat Keterangan Dispensasi Nikah) namanya bisa beda2 per kecamatan tapi isinya sama..soalnya nama surat gw sama si uti beda. Buat surat ini sih ga ada drama yg ada eneg aja karena mahaalll…bikin surat 1 ini aja dimintain duit 150 rb..OEMJI bener2 deh selembar kertas yg sangat mahal.

Sebenernya sih bikin suratnya ga susah tapi tau sendiri kan birokrasi kita kaya apaan macemnya begini…makanya siap2 aja bawa uang lebih buat minta surat2 ini… Si uti bikin pake biro jasa untuk semua surat2nya total biayanya 350rb sajaa -_____-”

18 thoughts on “Serba serbi urus surat buat nikah

  1. Berguna banget nih postingan nya buat gw. Hehehe.
    pantesan ya u bilang rada ribet ngurus surat2. Biasanya kalo ga pake pelicin, sengaja ketik nama nya disalahin, biar kita capek bolak balik ngurusnya. >.< wow, mahal jg demi selembar surat, bs dipake buat makan2 berdua udh kenyang & enak. Wkwkw.
    total butuh waktu berapa lama buat ngurus dr awal – akhir?
    Tp sekarang urusan surat2 nya udah kelar semua kan ribka? Hohoho

    Like

  2. wahhhh.. parah bangetttt ya.. gua termasuk beruntung donk yah.. karena bpk gw RT. jadi minta surat pengantar sama bapak sendiri. wkwkw.. 😀 dan semuanya diurus sama bokap. dan sama sekali gak ada biayanya lohhhh.. entah karena apa udah dibayarin bokap gak tau juga. tp bokap gak nagih apa2 sama gua. dan seharusnya emang gak ada biaya. krn tipikal bokap gua pasti doi minta ganti kalo ada biaya. hehehe.. 😀

    Memang yah urusan birokrasi selalu ribetttt.. tapi bersyukurlah elo bisa melewatkan ini semua..

    Like

  3. rib, berguna banget nih.. thank u yah.. laporin aja tuh rib ke ko Ahok.. hehhee.. biar inspeksi mendadak,, setau gw juga begitu2an gk pake duit apa2. soalnya kemarin bokap urusin punya adek gw dan gw punya.. gk minta duit apa2..

    ci epi : enak banget ci bapak nya RT. hahhaha.. semuanya gampang.. hihi

    Like

  4. Hi Ribka, salam kenall.. Btw aku OOT yah komennya.. Ak komen di post km yg tentang prewed indoor.. aku sama Aries juga.. Pengen nanya waktu foto kamu pake wedding gown yang sama di hari H ga? hehe.. Thanks yaa

    Like

  5. Hmmm…. kayaknya dulu gue cm keluar 20rb aja. Itupun sbg tanda terima kasih doang. Gak terang2an diminta, tapi ya dia cuma ngomong uang rokok gitu.

    Like

  6. dulu gua ga ampe ke kecamatan segala deh kayaknya… mentok ampe kelurahan, trus surat2nya gua kasih ke yg ngurusin catatan sipil semua… dan minta duitnya juga cuma ceban, itu juga dikasih selembar kuitansi… katanya buat duit apalah gitu…

    Like

  7. wahhh rib gw baru aja pulang dari kantor kelurahan pas baca postingan loe hahahhaa..loe masih enak cuma 2 hari lah gw loh ngurusnya 1 bulan (tepat sebulan) karna pas minta surat dikelurahan ternyata kelurahan gw yang bener ma kelurahan yang tercatat di KTP beda jadi yaa ngurus KTP dan KK dulu n baru td ngambilny, trus sekalian buat N1,N2,N4 eeh lurahnya ndk ada di kantorny tuh errrr balik deh bsk…kok gw ndk disuruh buat PM1 yaa?

    Like

  8. Wew mahal bgt rib sampe 150rb. Apa gw pake jimat kartu pers gw aja yah biar kl minta duit gw sebarin di media sama radio hahaha #keselduluan

    Tp emang birokrasi di negara kita rada ribet,UUD ujng2nya duit . Mending kalo kaya gt gw minta kwitansi biar sama-sama enak akh sekalian gw kerjain tuh orang si kelurahan sama kecamatan gw kalo ada tipe yg kaya gitu rib hehehe

    Like

Leave a Reply

